10 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

10 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

 Hallo, kali ini admin akan memposting Tips iPhone

iPhone adalah salah satu smartphone ternama yang menjadi incaran para konsumen. Smartphone ini kerap diminati oleh kalangan menengah ke atas. Selain penampilannya yang cantik, pengguna iPhone juga mendapatkan prestige yang berbeda dengan pengguna smartphone lainnya. Selain desain dan kegunaannya yang sangat fungsional, iPhone juga dikenal memiliki sistem operasi yang stabil saat digunakan. Bahkan dahulu iPhone sempat diklaim sebagai smartphone yang dapat digunakan tanpa lag.

Nah, memang untuk mendapatkan smartphone seperti ini kita harus mengeluarkan kocek yang lebih tentu saja karena hal ini sebanding dengan kualitas dan prestige yang ditawarkan. Sayangnya, belakangan ini banyak sekali beredar produk-produk iPhone tiruan yang sangat sulit dibedakan dengan yang aslinya. Oleh karena itu jangan tergesa-gesa ketika ingin membeli iPhone ada baiknya mengikuti tips berikut ini untuk mengecek keaslian iPhone.

10 Cara Melihat Keaslian iPhone

1. Adanya AppStore

app store iphone asli
iPhone adalah salah satu produk keluaran Apple. Nah, tentu saja semua produk Apple memiliki aplikasi App Store di dalamnya. Biasanya, iPhone tiruan tidak memiliki aplikasi App Store ini melainkan Google Play yang dimiliki perangkat Android.

2. Perhatikan OS yang digunakan

iOS iPhone asli
iPhone asli tentu saja menggunakan iOS sebagai sistem operasinya. Sedangkan iPhone tiruan rata-rata menggunakan Android karena memang sangat mudah dikustomisasi sehingga bisa mirip dengan iOS. Untuk mengeceknya, kalian bisa masuk ke menu Setting dan periksa sistem operasi yang digunakannya.

3. Pergunakan iTunes

itunes cek iphone asli
Perangkat Apple biasanya dapat terhubung dan saling mengenali satu sama lain. Jika kalian telah atau akan membeli sebuah iPhone sebaiknya cek terlebih dahulu menggunakan iTunes di komputer kalian. iPhone asli ketika terhubung akan dibaca dengan mudah oleh iTunes. Sedangkan iPhone palsu tidak akan terbaca.

4. Perhatikan Material iPhone

iPhone adalah smartphone yang dibuat untuk kalangan menengah ke atas dan tentu saja material yang digunakan menjadi lebih premium. Perhatikan material body ketika kalian akan membeli iPhone. Jika terlihat menggunakan plastik murahan, sebaiknya jangan dibeli karena kemungkinan itu adalah iPhone palsu.

5. Cek Garansi iPhone Melalui Website

website cek asli
Sebelum kalian membeli iPhone sebaiknya melihat terlebih dahulu nomor IMEI yang tertera pada dus. Kemudian lakukan pengecekan melalui website resmi Apple dan masukan nomor IMEI tersebut. Jika muncul keterangan yang sesuai maka dapat dipastikan iPhone tersebut asli. Jika tidak bisa jadi iPhone itu palsu.

6. iPhone Asli Menggunakan Retina Display

retina display iphone asli
Untuk poin ini memang cukup sulit jika tidak ada pembanding. Maka jika misalnya kalian akan membeli sebuah iPhone, sebaiknya ajak teman kalian yang juga memiliki iPhone sehingga kalian bisa membandingkan perbedaan layar yang ada. Jika terlihat buram, maka smartphone tersebut tidak menggunakan retina display dan kemungkinan adalah palsu.

7. Tombol Screenshot pada iPhone Asli

screenshot iphone asli
Para pengguna iPhone yang fanatis pasti sudah mengetahui hal ini. iPhone dapat mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol kunci dan home secara bersamaan. Kalian juga bisa mengecek hal ini untuk membuktikan keaslian iPhone. Biasanya iPhone palsu tidak bisa melakukan hal ini.

8. Harga yang Wajar

harga iphone asli
Harga bisa menjadi patokan untuk melihat keaslian iPhone atau tidak. Memang hal ini tidak bisa dibuktikan, namun jika kalian mendapatkan tawaran iPhone dengan harga yang sangat jauh dari normal sebaiknya kalian curiga karena kemungkinan besar smartphone tersebut merupakan tiruan.

9. Lihat Fitur dan Spesifikasi

fingerprint iphone asli
Melihat fitur dan spesifikasi juga bisa menjadi acuan untuk membedakan iPhone asli dan palsu. Misalnya, ketika kalian akan membeli iPhone 5s kalian harus melihat apakah ada spesifikasi khusus yang membedakan. Misalnya adanya fitur fingerprint. Jika tidak ada kemungkinan besar iPhone ini palsu.

10. Adanya Memori Eksternal pada iPhone Palsu

sandisk iphone
Namanya juga iPhone palsu, meski dari luar terlihat identik jika dilihat dari dalam tetap ada perbedaannya. Banyak iPhone palsu yang menyediakan slot microSD pada perangkatnya. Padahal, Apple tidak pernah sekalipun membuat iPhone dengan slot MicroSD.
Previous
Next Post »